RANGKUMAN
BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
KARANGAN
TOTO SUHARTO
MATA KULIAH :
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
DOSEN :
Drs. M SHOHEH
NAMA :
MU’IN
SEMESTER :
V C
STIT
AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR
|
BAB I
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM:
TELAAH EPISTEMOLOGI ILMU
A. PENGANTAR
Dorongan ingin tahu (curiosity)
sebagai hasrat alamiah manusia merupakan entry point bagi lahirnya suatu ilmu
pengetahuan. Dengan kata lain, lahirnya ilmu pengetahuan akan selalu diawali
oleh rasa keingintahuan manusia akan segala sesuatu.[1]
Apa yang diketahui manusia disebut pengetahuan. Ilmu yang mengkaji pengetahuan
manusia disebut Filsafat Pengetahuan (Epistemology atau Theory of
knowledge). Menurut Koento Wibisono, ilmu ini lair semenjak Immanuel kant
(1724-1904) menyatakan bahwa filsafat merupakan disiplin ilmu yang menunjukkan
batas-batas dan ruang lingkup pengetahuan secara tepat.[2]
Filsafat pengetahuan berfungsi menyelidiki dan mengkaji berbagai macam sumber pengetahuan. Di dalam Filsafat Pengetahuan, disebutkan sumber-sumber pengetahuan manusia, adalah akal, pancaindra, akal budi, dan intuisi. Manusia melalui sumber-sumber ini mengenal tiga model pengetahuan. Pertama, dengan secara sadar dan berkelanjutan orang menempuh cara untuk menguasai serta mengubah obyek melalui upaya-upaya konkret dan secara langsung menuju kearah kemajuan dan pembaruan. Kedua, dengan cara megasingkan diri secara fisik maupun rohani, orang bertapa di suatu tempat untuk mendapatkan wangsit yang dianggapnya sebagai petunjuk untuk mencapai tujuannya. Ketiga, dengan membungkus objek yang dijadikan sasaran, yaitu dengan memperindahnya ke sesuatu yang ideal sehingga terwujud apa yang disebut nilai-nilai seni, sastra, mitodologi yangbertmuatan etik atau moral.[3]
Model pertama disebut
ilmiah, model kedua disebut nonilmiah, dan model ketiga disebut prailmiah.
Ilmu dapat disebut
sebagai ilmu pengetahuan (science) harus memenuhi enam syarat sebagai
berikut.
1. Mempunyai obyek tertentu yang akan dijadikan sasaran penyelidikan
(obyek material) dan yang akan dipandang (obyek formal)
2. Mempunyai metode tertentu sebagai sarana untuk menemukan,
mengkaji, dan menyusun data.
3. Responsible, artinya apa yang dipikirkan dan
dihasilkannya dapat dipertanggungjawabkan dengan penalaran yang runtut.
4. Segala sesuatu yang merupakan jawaban dari prose situ diletakkan
dan disusun kembali dalam sebuah system.[4]
5. Setiap ilmu pengetahuan selalu membuka diri untuk kondisi
falsifikasi (pengecualian).[5]
6.
Ilmu pengetahuan memiliki
paradigm ilmu yang dapat diterima semua kalangan.[6]
Pengetahuan ilmiah akan
dapat menghasilkan kebenaran ilmiah, yaitu sebuah kebenaran yang diperoleh
dengan sarana dan tatacara tertentu yang hasilnya dapat dikaji ulang oleh siapa
pun dan kapan pun dengan kesimpulan yang sama.
Di dalam filsafat ilmu
merupaka pengembangan dari filsafat ilmu pengetahuan yang memiliki tiga tiang
pokok, yaitu ontology, epistemology, dan aksiologi.[7]
Aspek ontologis keilmuan biasanya mempermasalahkan apa yang dikaji oleh
sebuah ilmu pegetahuan. Aspek epistemologis yaitu mencoba menelaah ilmu
pengetahuan dari segi sumber dan metode ilmu yang digunakan dalam rangka mencapai
suatu kebenaran ilmiah. Aspek aksiologis suatu ilmu pengetahuan
mempertanyakan untuk apa ilmu pengetahuan digunakan.[8]
B.
PENGERTIAN FILSAFAT
PENDIDIKAN ISLAM
Filsafat, falsafah
atau philosofia secara harfiah berarti cinta kepada kebijaksanaan atau
cinta kepada kebenaran. Banyak sekali definisi-definisi yang diungkapkan para
ahli mengenai apa definisi dari filsafat itu sendiri. Dalam konteks itu Toto
Suharto lebih condong pada definisi yang diungkapkan oleh Sidi Gazalba yang
mengartikan filsafat sebagai berfikir secara mendalam, sistematik, radikal, dan
universaldalam rangka mencari kebenaran, inti atau hakikat mengenai segala yang
ada.[9]
Dari pengertian ini, ada lima unsur yang mendasari ebuah pemikiran filsafat,
yaitu:
1. Filsafat sebuah ilmu pengethuan yang mengandalkan penggunaan
akal (rasio) sebagai sumbernya.
2. Tujuan filsafat adalah mencari kebenaran atau hakikat segala
sesuatu yang ada.
3. Obyek material filsafat adalah segala sesuatu yang ada.
4. Metode yang digunakan dalam berfikir filsafat adalah mendalam,
sistematik, radikal, dan universal.
5.
Kebenaran yang
dihasilkannya dapat diukur melalui kelogisannya.
Menurut Abdurrahman
al-Nahlawi pendidikan islam merupakan suatu proses penataanindividual dan
social yang dapat menyebabkan seseorag tunduk dan taat pada islam dan menerapkannya
secara sempurna dalam kehidupan individu dan masyarakat.[10]
Menurut Muhammad Quthb, pendidikan islam adalah usaha melakukan endekatan yang
menyeluruh terhadap wujud manusia, baik segi jasmani maupu rohani, baik
kehidupannya secara fisik maupun kehidupannya secara mental dalam melaksanakan
kegiatannya di bumi ini.[11]
Lima watak atau karakter
pendidikan islam, yaitu:
1.
Pendidikan islam mencangkup
semua aspek kehidupan manusia, baik berupa aspek fisik, mental, akidah, akhlak,
emosional, estetika, maupun social.
2. Pendidikan islam bermaksud meraih kebahagiaan hidup di dunia dan
akhirat secara seimbang dan sama.
3. Pendidikan islam bermaksud mengembangkan semua aktifitas manusia
dalam interaksinya dengan orang lain, dengan menerakan prinsip integritas dan
keseimbangan.
4. Pendidikan islam dilaksanakan secara kontinu dan terus menerus
tanpa batas waktu, mulai dari proses pembentukan janin dalam rahim sang ibu
hingga meninggal dunia.
5.
Pendidikan islam melalui
prinsip integritas, universal, dan keseimbangan bermaksud mencetak manusia yang
memperkatikan nasibnya di dunia dan akhirat.[12]
Kelima
watak diatas, Abu al-‘Ainain menyimpulkan bahwa pendidikan islam merupakan “sistem
hidup yang sempurna”.
Definisi
tentang filsafat pendidikan islam pun banyak sekali perbedaan di antara para
pakar. Namun yang jelas filsafat pendidikan islam adalah kajia filosofis
mengenai barbagai masalah pendidikan yang berlandaskan ajaran islam.
C.
KEDUDUKAN FILSAFAT
PENDIDIKAN ISLAM
Kedudukan filsafat
pendidikan islam dapat dilihat dari dua perspektif, linier dan nonlinier.
Secara linier, Filsafat Pendidikan Islam dalam berupaya mengkaji
bagaimana pemikiran filsafat islam dijabarkan dalam dunia pendidikan islam.
Filsafat pendidikan berada pada satu garis lurus dengan filsafat islam. Secara nonlinier,
Filsafat Pendidikan Islam merupakan landasan filosofis bagi sebuah pelaksanaan
dan proses pendidikan islam.
Secara keseluruhan, untuk
mengetahui kedudukan Filsafat Pendidikan Islam Hasan Langgulung menyebutkan
beberapa asas atau landasan bagi pendidikan islam, yaitu asas filosofis
(Filsafat Pendidikan Islam), asas historis (Sejarah Pendidikan), asas social
(Sosiologi Pendidikan), asas ekonomi (Ekonomi Pedidikan), asas psikologis
(Psikologi Pendidikan).[13]
Selanutnya, Langgulung menjelaskan bahwa keenam asas ini merupakan ilmu
pengetahuan yang berdiri sendiri, semuanya merupakan system, dan Filsafat
Pendidikan Islam merupakan asas yang menentukan terhadap asas-asas yang lain.[14]
[1]
Fuad Hasan, “Beberapa Asa, Metodologi Ilmiah” dalam Koentjaraningrat (ed), Metode-metode
Penelitian Masyarakat, Cet. XIV, (Jakarta: Gramedia, 1997) hal. 12.
[2]
Koento Wibisono, “Filsafat ilmu dalam Islam” dalam M. Chabib Thaha dkk. (eds), Reformasi
Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996),
hlm.9.
[3]
Koento Wibisono, “Hubungan Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Budaya” Makalah
materi kuliah filsafat Ilmu pada Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga,
1998, hlm. 11.
[4]
Poedjawijatna, Tahu dan Pengetahuan: Pengantar ke Ilmu dan Filsafat, Cet.
I, (Jakarta, Rineka Cipta, 1991), hlm. 24-26.
[5]
Konsep ini dikemukakan oleh Karl Raimund Popper sebagai reaksinya atas
epistemology positivism.
[6]
Konsep ini dikemukakan oleh Thomas S. Kuhn ketika menyebutkan adanya revolusi
ilmiah dari sains-sains yang berparadigma sejarah “mekanis” ke sains-sains
revolusioner yang berparadigma sejarah “poshistoris”.
[7]
Noeng Muhadkir, Filsafat Ilmu: Telaah Sistematis Fungsional Komparatif,
Cet. I (Yogyakarta: Rake Serasin, 1998), hlm. 49
[8]
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu, hlm. 33-35.
[9]
Sidi Gazalba, Sistematika Filsafat, Jilid I, Cet. II, (Jakarta: Bulan
Bintang, 1967), hlm. 15
[10]
Abdurrahman al-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam, Ter.
Herry Noer Ali, Cet. I, (Bandung: Diponegoro, 1989), hlm. 41.
[11]
Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, Ter.Salman Harun, Cet. I,
(Bandung: Al-Ma’arif, 1984), hlm. 27.
[12]
Ali Khalil Abu Al-‘Ainain, Falsafah al-Tarbiyah Al-Islamiah fi al-Qur’an
Al-Karim, Cet. I (t.tp:Dar Al-Fikr al-Araby, 1980), hlm. 147-148.
[13]
Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, hlm. 5-6.
[14] Ibid.
hlm. 7-9
gan bisa minta tolong g?
ReplyDeletetolong dong ane dikirim resuman komplitnya ke email ane, ane bingung nyari resuman ky gini...
makasih sebelumnya...
kalimemet@rocketmail.com
maaf ea, ringkasnya masih itu,
ReplyDeletelom selesai soalnya