1. Diskripsi Masalah
Sudah bukan
merupakan hal yang baru lagi bahwa penghitungan haul ( tahun ) zakat dagang
dimulai dari hari dan tanggal dimana sang pedagang memulai belanja barang
dagangannya ,konsep ini tampaknya sangatlah sederhana dan mudah untuk
diterapkan, namun bila kita melihat realitas
yang ada, sering terjadi para pedagang dalam memulai belanja barang dagangannya
tidak dilakukan dalam satu waktu tapi dilakukan dalam waktu yang berbeda , baik
barang dagangannya itu satu jenis atau tidak , hal ini mungkin saja disebabkan
adanya modal tambahan yang baru saja dia dapatkan , atau karena menunggu waktu yang tepat untuk
belanja barang dagangan yang kedua, dan ironisnya lagi terkadang barang
dagangan yang pertama dengan yang kedua tersebut dicampur adukan. Realitas
semacam ini telah menimbulkan problematika fiqh yang menuntut kepada kita semua
untuk mencari jawaban yang bisa diterima.
Pertanyaan
a. Bagaimana cara penghitungan nishob dan haul harta dagangan
tersebut ?
b. Bagaimana hukum mencampur harta dagangan yang waktu
pembelanjaannya berbeda ?
c. Bila tidak boleh adakah Qoul yang memperbolehkan sebagai salah
satu solusi mengingat hal ini sudah terlanjur terjadi di masyarakat ?
( Fathil
Qorib PP. Al Falah Ploso )
Jawaban :
a.
Bila bisa dibedakan pertama
dan kedua, maka yang pertama ditaqwim (dikalkulasi),
jika mencapai satu nisob wajib zakat kalau tidak maka menunggu tahunnya
dagangan kedua. Kalau dagangan kedua dengan dagangan pertama mencapai satu
nisob maka keduanya dizakati.
Bila tidak bisa dibedakan, maka
jawaban tentang kepastian haul (tahun) harta dagangan tersebut belum ditemukan
ibarotnya, namun solusinya adalah setelah masuk tahun dagangan pertama maka
keseluruhan harta dagangan ditaqwim (dikalkulasi) dan jika mencapai satu nisob
maka hendaknya segera dizakati untuk ihtiyat (hati-hati)
Referensi: 1. Hasyiyatul Jamal Juz II hal.266
2. Hawasy As
Sarwani juz III hal 294
3. Ianatuth
Tholibin Juz II hal. 181
وعبارته:
1. حاشية
الجمل الجزء الثانى ص 266
وقضيته أنه لو اشترى ببعض مال القـنية
عرضا للتجارة أول المحرم ثم بباقيه عرضا اخرى أول صفر انه لا زكاة فى واحد منهما
إذا لم تبلغ قيمة كل واحد نصابا لأنه بأول المحرم من السنة الثانية ينقطع حول ما
اشتراه اولا لنقصه عن النصاب ويبتدئ له حول من ذلك الوقت ويقوم الثانى اول صفر من
السنة الثانية وهكذا فلا تجب فى واحد منهما زكاة الا إذا
بلغ نصابا وليس مرادا بل يزكى الجميع أخر حول الثانى لوجود الجميع فى ملكه اول
صفر.
2. حواشي
الشرواني الجزء الثالث ص 294
{قوله فإن الخمسين الخ} ولو كان معه
مائة درهم فاشترى بها عرض تجارة أول المحرم ثم استفاد مائة أول صفر فاشترى بها
عرضا ثم استفاد مائة أول شهر ربيع فاشترى بها عرضا فإذا تم حول المائة الأولى
وقيمة عرضها نصاب زكاها وإلا فلا فإذا تم حول الثانية وبلغت مع الاولى نصابا
زكاهما وإلا فلا فإذا تم حول الثالثة والجميع نصاب زكاه وإلا فلا انتهى كلام
المجموع ملخصا إيعاب وكذا في سم عن الشهاب عميرة بهامش المنهج{ قوله فإن الخمسين
إنما تضم }أي إلى مال التجارة في النصاب دون الحول أي لأنها ليست من نفس العرض ولا
من ربحه إيعاب قوله فإذا تم حول الخمسين زكى المائتين هذا كالصريح في أنه لا يفرد
كل بحول
3. إعانة
الطالبين الجزء الثانى ص 181
وأخذ منه بعضهم أن من شك
في زكاة في ذمته فأخرج عنها إن كانت وإلا فمعجل عن زكاة تجارته مثلا لم
يجزئه عما في ذمته بان له الحال أو لا ولا عن تجارته لتردده في النية وله
الاسترداد إن علم القابض الحال وإلا فلا كما يعلم مما يأتي وقضية ما مر في وضوء
الاحتياط أن من شك أن في ذمته زكاة
فأخرجها أجزأته إن لم يبن الحال عما في ذمته للضرورة وبه يرد قول ذلك البعض بان
الحال أو لا
b.
Boleh karena tidak ada
unsur merugikan pada mustahiqqin (0rang-orang yang berhak menerima zakat).
Referensi: 1. Hamis Al
Jamal Juz III hal. 565
2. Qulyubi Juz III hal.
90
3. Nihayatul Muhtaj Juz
III hal. 80
وعبارته:
هامش
الجمل الجزء الثالث ص 565
ويتصرف كل من الملاك فى ملكه بعادة وان
أدى الى ضرر جاره أو اتلاف ماله اهـ
القليوبى الجزء الثالث
ص 90
فالحاصل أن له فعل ما وافق العادة وإن
ضر الملك والمالك وأن له فعل ما خالفها ان لم يضر الملك وان ضر المالك اهـ
نهاية
المحتاج الجزء الثالث ص 80
(ويسن خرص) اى حزر (الثمر) بالمثلثة
(إذا بدا صلاحه على مالكه) وخرج ببدو الصلاح ما قبله فلا يتأتى فيه إذ لا حق
للمستحقين) أي فيجوز له أكل جميعه اهـ
No comments:
Post a Comment