RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA HASANUDDIN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
Standar
Kompetensi:
1. Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi dasar:
Menyimak
2.1
Mengidentifikasi bunyi,
ujaran (kata, frasa atau kalimat ) tentang remaja dan kesehatan dengan tepat pat
2.2
Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja dan kesehatan
secara tepat
Indikator:
Mampu:
§ Mengidentifikasi dan
menangkap makna, gagasan atau
ide dari berbagai wacana lisan tentang kesehatan dengan mandiri dan berfikir
logis.
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
§ Mandiri
§
Berfikir logis
§
Kreatif
§
Religius
§
Kerja keras
§
Rasa ingin tahu
§
Komunikatif
§
Tanggung Jawab
I.
Tujuan Pembelejaran:
Siswa mampu:
§ Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan
tentang kesehatan dengan mandiri dan berfikir logis.
II. Materi
Pembelajaran:
· Dialog dengan judul:
1. Fase Remaja, misalnya :
مرحلة الشباب اهم مرحلة في حياة الإنسان،
وأغلى ثروة عند الأمة. ومرحلة الشباب هي مرحلة العطاء والعمل. والإنسان الذي الذي
لا يعطي في شبابه، قلما يعطي في بقية عمره. وكان كثير من أصحاب الرسول صلى الله عليه
وسلم من الشباب، وقد ولاهم مسؤوليات كبيرة؛ حيث ولى كثيرا منهم قيادة الجيش، وفيه
شيوخ المهاجرين والأنصار؛ فقد ولى زيد بن حارثة... إلخ
(أنظر العربية بين يديك ج 2 ص 273)
2. Berkunjung ke
dokter, Misalnya:
لماذا حضرت اليوم إلى المستشفى؟
حضرت لزيارة طبيب الأسنان
بم تشعر؟
أشعر بألم شديد في أسناني. ولماذا حضرت أنت
إلى المستشفى؟
حضرت لزيارة طبيب الأنف والأذن والحنجرة
هل لديك موعد مع الطبيب؟
نعم، موعدي الساعة العاشرة
موعدي الساعة العاشرة أيضا.
الساعة الآن التاسعة والنصف، الباقي نصف
ساعة.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Tahap eksplorasi
· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
· Menyebutkan kata-kata yang didengar
· Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan
guru
· Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
· Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai
media (guru atau tape)
Tahap elaborasi
· Mendiskusikan isi wacana lisan
· Menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Memaparkan isi wacana lisan secara umum
Tahap konfirmasi
· Guru memvalidasi hasil paparan siswa
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen
latihan
|
|
V.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket Pelajaran
Bahasa Arab
· Laboratorium Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau
kalimat yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana lisan
·
Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali informasi rinci dari
wacana lisan.
·
Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau
sulit
|
Tugas
individu
(menyimak
dialog)
Tugas
Kelompok
(menentukan
tema, ide pokok, menulis informasi rinci dan mengidentifi-kasi kosa kata
sulit)
|
Tulis
(Ulangan
harian)
|
1.
Lengkapi kalimat dengan kata yang disediakan..?
2.
Tentukan benar/salah ujaran yang didengar
3.
Tentukan tema dari wacana lisan
4.
Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
5.
Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
|
Blitar, 25 Oktober 2013
Guru Pamong
SULAIMAN MS, BA
NIP:-
|
Mahasiswa PPL
MU’IN
NIM:
2010.4.21.03404
|
Mengetahui
Kepala MA HASANUDDIN
ANWAR
SAMA’UDDIN, M.Si
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA HASANUDDIN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar
Kompetensi:
2. Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
tentang remaja dan kesehatan dengan
lafal yang tepat
2.2
Melakukan dialog tentang
remaja dan kesehatan dengan lafal yang
tepat
Indikator:
Mampu:
§ Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang kesehatan dengan lancar
dan tepat dengan mandiri dan berfikir logis.
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
§ Mandiri
§
Berfikir logis
§
Kreatif
§
Religius
§
Kerja keras
§
Rasa ingin tahu
§
Komunikatif
§
Tanggung Jawab
I.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu:
§ Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang kesehatan dengan lancar
dan tepat dengan mandiri dan berfikir logis.
II. Materi
Pembelajaran:
Dialog tentang:
1. Fase Puber, misalnya :
أنا قلق على ابني
عمر؛ لقد أصبح يخرج من البيت، متى شاء، ويرجع متى شاء، ولا يخرجنى ب المكان الذي يذهب إليه، ولا بالأصدقاء الذين يذهب معهم، أنا خائف عليه.
هذا شعور طبيعي،
ولكن لا تنس أن ابنك عمر، أتم السادسة عشرة من عمره. وهو الآن في مرحلة المراهقة،
ولا بد أن تعامله بحكمة.
كيف‘ أعامله
بحكمة؟
يشعر عمر الآن
بأنه رجل يعرف ما ينفعه وما يضره ... إلخ
(أنظر العربية بين
يديك ج 2 ص 269)
2. Mengunjungi
pasien, misalnya:
هل قابلت الطبيب؟
نعم، وفحص الصدر
والقلب والكلية وقاس الضغط
وما النتيجة؟
القلب سليم، والحمد لله. هناك ارتفاع قليل في الظغط والسكري
ما سبب ذلك؟
زيادة الوزن
زماذا طلب منك
الطبيب؟
طلب مني ترك
السكاريات؟
وهل طلب منك شيئا
آخر؟
نعم، ممارسة
الرياضة وتناول الفواكه والخضراوات
شفاك الله
شكرا لك.
(انظر العربية بين
يديك ج 1 ص 331)
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya
e. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f. Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan
pengalaman saat berkenalan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
Tahap
eksplorasi
a. Mendengarkan wacana lisan
b. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
c. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
Tahap
elaborasi
d. Menceritakan kembali isi wacana
e. Bercerita sesuai tema
f. Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
g. Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
h. Melakukan percakapan sederhana dengan teman
sekelas/sebaya
i.
Bermain peran
Tahap
konfirmasi
j.
Guru memvalidasi
hasil pemaparan siswa
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama
siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi;
kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
||
V.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku paket Pelajaran
Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
·
Menyampaikan informasi sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Praktek
(demonstrasi)
Ulangan
harian
Tugas
individu/ kelompok
|
wawancara,
demons-trasi
|
1.
Sampaikan informasi sesuai konteks
2.
Ajukan pertanyaan sesuai konteks
3.
Jawab pertanyaan sesuai konteks
4.
Ceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
5.
Lakukan percakapan sesuai konteks
|
Blitar, 25 Oktober 2013
Guru Pamong
SULAIMAN MS, BA
NIP:-
|
Mahasiswa PPL
MU’IN
NIM:
2010.4.21.03404
|
Mengetahui
Kepala MA HASANUDDIN
ANWAR
SAMA’UDDIN, M.Si
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA HASANUDDIN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Pertemuan Ke- : 3
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar
Kompetensi:
3.
Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
kesehatan
Kompetensi dasar:
MEMBACA
3.1
Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis tentang remaja dan
kesehatan dengan tepat
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3
Menemukan makna dan
gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
Indikator:
Mampu:
Mampu:
§ Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi tema wacana, memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis tentang kesehatan secra mandiri dan berfikir logis.
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
§ Mandiri
§
Berfikir logis
§
Kreatif
§
Religius
§
Kerja keras
§
Rasa ingin tahu
§
Komunikatif
§
Tanggung Jawab
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu:
§ Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi tema wacana, memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis tentang kesehatan secra mandiri dan berfikir logis.
II. Materi
Pembelajaran :
Wacana tentang:
a. Remaja dan Problematikanya
يواجه الشباب
مشكلات كثيرة في هذا العصر، مثل: محاربة اللغةوالثقافة والثقات، وفرض اللغات
وثقافات أجنبية محلها، كالدعوة التي نادت بترك اللغة العربية، واستعمل اللهجات
المحلية، لتمزيق الأمة، وفصلها عن تراثها، أو كالدعوة إلى تدريس العلوم في
الجامعات العربية باللغات الأجنبية.
وقد تأثر بعض
الشباب بهذه الدعوات، وأخذ يقلد اصحاب اللغات والثقافات الأجنبية في كلامهم،
وسلكهم ... إلخ
(انظر العربية بين
يديك ج 2 ص 280)
- Kesehatan, Dulu dan Sekarang
كانت علامة الصحة
في الماضي أن يكون الإنسان سمينا، كثير اللحم والشحم، فالإنسان السمين هو الصحيح،
والإنسان النحيف هو المريض. وكان الناس يأكلون كثيرا إذا وجدوا الطعام. وكان
الرجال يفضلون الزواج بالمرأة السمينة، ولا يحبون الزواج بالمرآن النحيفة.
تقدم الطب كثيرا
الأن وظهر أن هناك أمراضا يصيب الشخص السمين، وهي أمراض خطيرة، مثل: أمراض القلب
والسكري وضغط الدمي. لقد أصبحت البدن اليم علامة على المرض، وأخذ الناس يتبعون
الحمية، فيتناولون طعاما قليلا، ويبتعدون عن سكريات والدهون والنشويات... إلخ
·
(نظر العربية بين
يديك ج 2 ص 14)
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a. Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d. Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
alamat rumahnya
e. Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk
menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
f. Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan
dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
Tahap
eksplorasi
a. Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
b. Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
c. Membentuk kelompok diskusi
d. Menentukan tema wacana tulis dalam kerja kelompok
e. Membaca wacana tulis
f. Menentukan informasi umum
Tahap
elaborasi
g. Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
h. Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana
dalam kerja kelompok
i.
Menjawab
pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Tahap
konfirmasi
j.
Guru memvalidsi
hasil jawaban siswa
|
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin
Buku Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama
siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|
|
V.
Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
· Ruang multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan
intonasi dan lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
·
Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu
dari wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah
dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci
dari wacana tulis
|
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test tulis
|
Membaca
nyaring
Memilih dan
menja-wab
Ulangan
harian
|
1.
Bacalah dengan benar teks berikut!
2.
Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar!
|
Blitar, 25 Oktober 2013
Guru Pamong
SULAIMAN MS, BA
NIP:-
|
Mahasiswa PPL
MU’IN
NIM:
2010.4.21.03404
|
Mengetahui
Kepala MA HASANUDDIN
ANWAR
SAMA’UDDIN, M.Si
NIP:-
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA HASANUDDIN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Pertemuan Ke- : 4
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar
Kompetensi:
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1
Menulis kata, frasa,dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
4.2
Mengungkapkan gagasan
atau pendapat secara tertulis dalam kalimat
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
Indikator:
Mampu:
§ Menulis kata, frasa
dan kalimat dengan
menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema dengan
kreatif dan berfikir logis
Nilai yang dikembangkan(PBKB)
§ Mandiri
§
Berfikir logis
§
Kreatif
§
Religius
§
Kerja keras
§
Rasa ingin tahu
§
Komunikatif
§
Tanggung Jawab
I.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu :
§ Menulis kata, frasa
dan kalimat dengan
menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema dengan
kreatif dan berfikir logis
II. Materi
Pembelajaran:
Menulis Khat riq’ah
قال الله تعالى: ولا تلقوا بأيديكم إلى
التهلكة.
ولا تقتلوا أنفسكم إن الله كان بكم رحيما
Menulis dikte, misalnya:
يواجه، ثقافات، العصر، نادت، المحلية، أمراضا، الحمية، طعاما، يبتعدون، ضغط
Melengkapi wacana:
...
الشباب مشكلات كثيرة في هذا ...، مثل: محاربة اللغةوالثقافة والثقات، وفرض اللغات
و... أجنبية نادت، كالدعوة التي ... بترك اللغة العربية، واستعمل اللهجات ...،
لتمزيق الأمة.
تقدم الطب كثيرا
الأن وظهر أن هناك ... يصيب الشخص السمين، وهي أمراض خطيرة، مثل: أمراض القلب
والسكري و... الدمي. لقد أصبحت البدن اليوم علامة على المرض، وأخذ الناس يتبعون
...، فيتناولون ... قليلا، و... عن سكريات والدهون والنشويات
Membuat wacana dengan pilihan tema remaja
dan kesehatan
Qawaid:
· النعت والمنعوت
· الإضافة
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek
kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
2 orang siswa
menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.
Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Tahap
eksplorasi
a. Menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
b. Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan
guru
c. Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
d. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah
paragraf
Tahap elaborasi
e. Membuat cerita berdasarkan gambar
f. Membuat wacana pendek sesuai tema.
Tahap konfirmasi
g. Guru memvalidasi hasil kerja siswa
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada
yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah
berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang
dihadapi siswa
|
Buku paket
|
|
V.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket pelajaran
Bahasa Arab Program Bahasa Asing
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang
didektekan oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan
struktur yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi
wacana
·
Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
|
Tugas
individu
|
Tes tulis
uraian
Ulangan
harian
|
1.
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan
struktur yang tepat
2.
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi
wacana
3. Membuat wacana/cerita
sederhana sesuai tema
|
|
|
|
|
Blitar, 25 Oktober 2013
Guru Pamong
SULAIMAN MS, BA
NIP:-
|
Mahasiswa PPL
MU’IN
NIM:
2010.4.21.03404
|
Mengetahui
Kepala MA HASANUDDIN
ANWAR
SAMA’UDDIN, M.Si
NIP:-
No comments:
Post a Comment