kolom iklan

Friday 22 November 2013

FORUM KOMUNIKASI MUBALLIGH MUDA (FKM) KOTA BLITAR



PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Menindak lanjuti hasil musyawarah pengurus Forum Komunikasi Muballigh (FKM) Jawa Timur pada tanggal 29 Mei 2013 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (Balai Diklat) Surabaya, tentang pembentukan Forum Komunikasi Muballigh (FKM) di daerah atau tingkat Kabupaten/Kota Se Jatim, maka kami para Muballigh Muda Kota Blitar merasa terpanggil dan merespon positif atas tawaran tersebut.
Mengingat keberadaan Da’i adalah sebagai Agen Of Change (Agen Perubahan) maka Da’i atau Muballigh harus mampu membawa suatu perubahan tentunya dari hal yang kurang baik menjadi lebih baik, dari masyarakat Jahiliyah menjadi masyarakat yang berkarakter, sebagaimana Nabi Muhammad SAW diutus dimuka bumi ini adalah untuk menyempurnakan akhlak, hal tersebut bisa terwujud ketika para Da’i mampu me menej dakwahnya dengan baik.
Maka keberadaan Forum atau organisasi tersebut memang diperlukan keberadaanya, dan  Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari beberapa pihak, diantaranya Bapak Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Blitar,  pada hari Jum’at, tanggal 7 Juni 2013 kami bermusyawarah untuk membentuk pengurus Forum Komunikasi Muballigh (FKM) tingkat Kota Blitar.

B.     TUJUAN
1.      Tujuan Khusus
Tujuan dibentuknya  Forum Komunikasi Muballigh Muda (FKM) tingkat Kota ini yaitu   untuk mewadahi para Da’i atau Muballigh khususnya yang ada di Kota Blitar agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Da’i secara maksimal. Hal tersebut tidak bisa terwujud apabila keberadaan para Da’i atau Muballigh tidak terorganisir.
2.      Tujuan Umum
Secara Umum Tujuan Forum Komunikasi Muballigh Muda (FKM) Kota Blitar tertuang dalam VISI DAN MISI, adapun Visi dan Misi FKM Kota Blitar adalah :
VISI :
Ø  TERWUJUDNYA DA’I ATAU MUBALLIGH  YANG PROFESIONAL, TANGGUH DAN BERKARAKTER,YANG MAMPU MENJAWAB KEBUTUHAN UMMAT DENGAN  BERHALUAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH,


MISI   :
MENINGKATKAN KWALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN, PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN MORAL/ETIKA YANG BERDASARKAN AGAMA SERTA PENGHORMATAN ATAS KEANEKARAGAMAN KEYAKINAN KEAGAMAAN MELALUI :

1.      Peningkatankwalitas Pendidikan Agama Islam
2.      Peningkatan Kwalitas Pelayanan Ibadah dan pembinaan umat
3.      Memperdayakan Lembaga Keagamaan
4.      Memperkokoh kerukunan Umat beragama
5.      Meningkatkan Penghayatan Moral dan Etika Keagamaan
6.      Pembinaan Karakter Islami
7.      Peningkatan SDM Muballigh


Berangkat dari adanya Diklat Teknis Substantif  Kader Muballigh Angkatan I di lingkungan Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Kami para Muballigh merasa terpanggil untuk turut serta berperan aktif dalam menyampaikan pesan agama terhadap masyarakat, yang telah dihadapkan pada Era Globalisasi.
            Dari itu diperlukan adanya peningkatan Kwalitas pada diri para muballigh untuk lebih meningkatkan peran dakwahnya agar mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap perubahan Moral Masyarakat, agar mampu menghadapi tantangan zaman dan secara Inovatif merubah tantangan itu menjadi peluang untuk mengembangkan sumber daya manusia yang utuh guna mencapai kemakmuran dalam berbangsa dan bernegara.
            Hal itu didukung dengan adanya motifasi dan Suport yang luar biasa dari para tokoh Agama, Khususnya para Widya Iswara yang berada di lingkungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Provinsi Jawa Timur.

VISI DAN MISI
FORUM KOMUNIKASI MUBALLIGH (FKM) JAWA TIMUR
VISI :
TERWUJUDNYA MUBALLIGH  PROFESIONAL
YANG BERHALUAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH

MISI   :
MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN, PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN MORAL/ETIKA YANG BERDASARKAN AGAMA SERTA PENGHORMATAN ATAS KEANEKARAGAMAN KEYAKINAN KEAGAMAAN MELALUI :

8.      Peningkatankwalitas Pendidikan Agama Islam
9.      Peningkatan Kwalitas Pelayanan Ibadah dan pembinaan umat
10.  Memperdayakan Lembaga Keagamaan
11.  Memperkokoh kerukunan Umat beragama
12.  Meningkatkan Penghayatan Moral dan Etika Keagamaan
13.  Pembinaan Karakter Islami
14.  Peningkatan SDM Muballigh

No comments:

Post a Comment