kolom iklan

Monday 19 November 2012

Contoh Angket Penelitian Pendidikan Berbasis Karakter




ANGKET PENELITIAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADIN SIROJUTH THOLIBIIN
BACEM SUTOJAYAN BLITAR
NO
PERTANYAAN
SELALU
SERING
JARANG
TIDAK PERNAH
1.       
Dalam pikiran, perkataan, dan tindakan saya mengupayakan berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan atau agama.




2.       
Saya mengupayakan diri saya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri sendiri maupun pihak lain.




3.       
Dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban, saya mengupayakan bersika
p dan berperilaku sebagaimana yang seharusnya saya lakukan, baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, Negara, dan Tuhan YME.




4.       
Saya mengupayakan untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.




5.       
Dalam tindakan saya mengupayakan berperilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.




6.       
Dalam berperilaku, saya berupaya untuk bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.




7.       
Saya yakin akan kemampuan diri sendiri terdapat pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapan.




8.       
Dalam sikap dan berperilaku saya mengupayakan untuk mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.




9.       
Saya mengupayakan untuk berpikir dan melalukan sesuatu secara kenyataan atau logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah saya miliki.




10.   
Saya mengupayakan bersikap dan berperilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.




11.   
Saya mengupayakan dalam tindakan dan sikap untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang telah saya pelajari, saya dengar, dan saya lihat.




12.   
Saya mengupayakan untuk menunjukkan sikap atau perilaku untuk selalu berusaha cinta terhadap segala ilmu.




13.   
Saya menggunakan cara berpikir, berbuat, dan bersikap yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.




14.   
Saya mengupayakan untuk bersikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang mengjadi miliki/hak diri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang lain.




15.   
Saya mengupayaan bersikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan kepertingan umum.




16.   
Saya mengupayaan bersikap dan bertindakan yang mendorong diri untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.




17.   
Saya mengupayakan bersifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilaku ke semua orang.




18.   
Saya mengupayakan menggunakan cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban diri dan orang lain.




19.   
Saya mengupayakan menggunakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitar, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalau memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.




20.   
Saya mengupayakan menggunakan cara berfikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompok.




21.   
Saya mengupayakan menggunakan cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.




22.   
Saya mengupayaan bersikap respek/hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku dan agama.





Catatan: beri tanda centang untuk jawaban yang sesuai

1 comment:

  1. blog yg keren&brmanfaat,,,jzkmullah tlsnx brmnft...

    ReplyDelete