kolom iklan

Tuesday 3 April 2012

RPP Akidah Akhlak VII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.     Identitas mata pelajaran :
Sekolah                         : Mts Sirojut Tholibii
Kelas / Semester           : VII / I
Mata Pelajaran              : Akidah Akhlak
Jumlah Pertemuan         : 8 jam pelajaran (4x pertemuan)
B.     Standar kompetensi       : 1. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
C.     Kompetensi dasar         :
1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
1.2 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
D.     Indikator Pencapaian Kompetensi :
a. Menjelaskan definisi dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
b. Menyebutkan dan menjelaskan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
c. Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga
d. Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah
e. Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat
E.     Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan definisi ikhlas, taat, khauf dan taubat
b. Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan pentingya ikhlas, taat, khauf dan taubat
c. Siswa mampu menerapkan sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga
d. Siswa mampu menerapkan sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah
e. Siswa mampu menerapkan sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat
F.      Materi Pembelajaran : Akhlak terpuji kepada Allah ( ikhlas, taat, khauf, dan taubat )
G.     Metode Pembelajaran :
a.       Metode Ceramah                : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal
b.       Metode Diskusi                   : Metode ini digunakan untuk mendiskusikan materi yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
c.       Metode Demonstrasi            : Metode ini di gunakan untuk mendemostrasikan hasil diskusi
H.    Kegiatan pembelajaran :
a.       Pendahuluan
1)      Guru memberi salam dan memulai pembelajaran dengan basmalah dan doa bersama siswa
2)      Guru menjelaskan secara singkat materi pembelajaran dengan metode ceramah
3)      Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok ( 2 kelompok mendiskusikan ikhlas, 2 kelompok mendiskusikan taat, 2  kelompok mendiskusikan khauf, dan 2 kelompok mendiskusikan taubat)
4)      Guru bersama siswa menata bangku dan tempat duduk menjadi 8 kelompok
b.       Inti
1)      Eksplorasi
a)      Guru meminta kelompok 1 dan 5 untuk mendiskusikan ikhlas, 2 dan 6 mendiskusikan taat, 3 dan 7 mendiskusikan khauf, dan 4 dan 8 mendiskusikan taubat
b)      Masing-masing kelompok mendiskusikan materi yang telah diperintahkan oleh guru
2)      Elaborasi
a)      Masing-masing kelompok mencari definisi dan pentingnya materi pembelajaran sesuai dengan yang telah dibagi
b)      Masing-masing kelompok mencari contoh pentingnya materi pembelajaran sesuai dengan yang telah dibagi dalam lingkungan keluarga, Madrasah, dan masyarakat
c)      Masing-masing kelompok menulis hasil diskusi
d)      Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi kepada kelomok lain didepan kelas dan meminta kelompok lain untuk bertanya
3)      Konfirmasi
a)      Guru menjawab pertanyaan yang belum terjawab
b)      Guru meluruskan hasil diskusi
c)      Guru memberi kesempatan untuk bertanya lagi
c.       Penutup
1)      Guru memberikan penilaian dari hasil diskusi
2)      Guru memberi arahan dan motivasi kepada siswa untuk selalu ikhlas, taat, khauf, dan taubat
3)      Guru menyampaikan tindak lanjut, yaitu ulangan harian yang harus dikerjakan secara individu
4)      Guru mengajak menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan doa penutup
I.       Penilaian
a.       Tes tulis sesuai sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi
b.       Pengamatan keaktifan dalam diskusi
c.       Pengamatan perilaku sehari-hari
J.      Sumber Belajar
a.       Kurikulum KTSP
b.       Buku paket akidah akhlak kelas VII
c.       LKS
          Bacem, 25 Maret 2012
Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel Akidah Akhlak


             Fulan bin Fulan, S,Pd                                                                       Mu’in
  NIP.19560725 197907 0 002                                                     NIM.2010.4.21.03404                               






No comments:

Post a Comment