Wednesday, 5 December 2012

Image 
     STIT Al Muslihuun Tlogo adalah perguruan tinggi agama Islam swasta yang ada dalam naungan Pondok Pesantren  Al Muslihuun yang berada di desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Blitar.

     Dengan memperhatikan perkembangan pondok pesantren dan tumbuhnya berbagai madrasah, Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun (sekarang berubah menjadi Pekumpulan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muslihuun) berniat memiliki Perguruan Tinggi Agama Islam, dengan harapan mampu memberikan pendidikan dalam berbagai disiplin ilmu, yang utamanya ilmu agama Islam secara modern, sebagai tindak lanjut usaha pendidikan yang telah lama ada, disamping itu juga banyaknya pemuda yang berminat memperdalam ilmu pengetahuan terutama ilmu pengetahuan agama Islam.

     Perwujudan hasrat dalam mendirikan PTAI bermula dari banyaknya siswa yang telah menyelesaikan dari  PGA / MAAIN, dan juga merupakan kegitan dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun Tlogo, yang  berdiri sejak tahun 1972. Dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun (sekarang berubah menjadi Pekumpulan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muslihuun) sampai sekarang terdapat jenjang tingkatan pendidikan mulai dari Play Group, TK, MI, MTs, MA hingga perguruan tinggi yaitu STIT Al-Muslihuun.

     Yayasan Pondok Pesantren Al Muslihuun Tlogo Blitar telah berhasil mendirikan PTAI yaitu Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu pada tanggal 25 Oktober 1975. STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar, diresmikan setelah melalui beberapa kali sidang dan dilatarbelakangi beberapa pertimbangan serta dorongan yang mantap dari Kyai Baehaqi (Alm), putra-putra K.H Imam Sibaweh (Alm.), para pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Al Muslihuun Tlogo, serta umat Islam di Blitar. Berdirinya STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar juga didasarkan atas persetujuan dari Bupati atau Kepala Daerah Kabupaten Blitar dengan nomor: KSR. 141/15/248, dan disahkan R.Oetomo (Bupati Blitar), kemudian terdaftar DEPAG RI dengan SK. Menteri Agama RI no. Kep./DV/III/’76 yang ditanda tangani oleh Jendral BIMAS Islam (Drs. A. Khotib) tertanggal 26 April 1976.  Pada tahun 2006, STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan nomor : 019 / BAN.PT/ Ak. X/ S.1/ XII/ 2006, dengan predikat nilai B..

     Pendirian STIT Al Muslihuun tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan tenaga ahli pendidikan yang memiliki pengetahuan yang luas tentang ajaran agama Islam. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan zaman dan membantu pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan manusia seutuhnya berdasarkan pancasila dan UUD 1945, dan yang berlandaskan pada Al-Qur’an, Al-Hadits yang berhaluan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah, serta memilih madzhab di antara 4 imam madzhab. 

Reactions:

0 comments:

Post a Comment