kolom iklan

Sunday 2 December 2012

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Merokok



Tips menghilangkan kebiasaan merokok banyak dicoba oleh mereka yang hendak menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Namun tidak sedikit di antara mereka yang mengaku gagal. Alasannya, merokok sudah menjadi sebuah kebutuhan dan ada rasa kurang nyaman ketika asap nikotin tidak masuk ke dalam paru-paru.
Pada dasarnya, tips menghilangkan kebiasaan merokok hanyalah sebuah tuntunan saja. Sementara, untuk proses keputusan seseorang akan berhenti merokok atau tidak, sepenuhnya ada di tangan si perokok itu sendiri. Berbagai macam tips dan saran dari pihak luar, tidak akan bermanfaat dan berguna tanpa diimbangi kemauan dari sang perokok.
Meski demikian, hal tersebut bukan berarti tips menghilangkan kebiasaan merokok tidak perlu diketahui oleh para perokok. Tips tersebut justru bisa digunakan sebagai panduan, sejauh mana proses yang sudah mereka capai dalam upaya menghentikan kebiasaan menghisap nikotin tersebut.
Selain berbagai tips, yang juga diperlukanadalah soal dukungan dari lingkungan. Seberapa kuat lingkungan perokok dalam memberikan dukungan kepada seseorang untuk berhenti merokok. Biasanya, dukungan paling berat diperoleh dari rekan sepergaulan. Karena, dari komunitas itu pulalah seseorang memulai karier merokoknya.
Lima Tips Menghilangkan Kebiasaan Merokok
Selain dari faktor diri sendiri, ada beberapa tips menghilangkan kebiasaan merokok yang bisa digunakan oleh mereka yang hendak mengurangi kebiasaan mereka tersebut. Ada lima tips menghilangkan kebiasaan merokok yang bisa dilakukan, diantaranya adalah :
  1. Jauhi lingkungan yang banyak terdapat perokok. Karena dari lingkungan seperti inilah yang akan mempersulit upaya seseorang berhenti merokok. Biasanya, orang akan merasa sungkan dan tidak enak untuk menolak ajakan merokok dari teman dekatnya.
     
  2. Gunakan permen atau makanan yang bercita rasa asin sebagai penawar apabila mulut terasa asam. Rasa asin akan berfungsi sebagai penetral rasa asam yang muncul dalam mulut yang sudah kecanduan asap nikotin.
     
  3. Perbanyak olah raga. Dengan olahraga akan mengurangi kandungan racun yang ada di dalam tubuh, sehingga efek candu yang ada bisa dihilangkan.
     
  4. Perkuat niat dalam diri. Karena tanpa ada niat yang kuat, maka semua upaya untuk menghentikan kebiasaan merokok ini menjadi sia-sia.
     
  5. Buanglah semua perlengkapan merokok Anda. Baik itu berbentuk korek api, asbak maupun cerutu. Semprotkan pengharum ruangan agar bau asap rokok yang tertinggal tidak lagi melekat dan menggoda Anda untuk kembali ingin merasakan batang nikotin tersebut.

No comments:

Post a Comment