MAKALAH KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Dosen Pengampu : Abdul Aziz, M.Ag
Disusun oleh :
Hanif Amru Haq 110008
Khozainun Na’imah 110081
Tumini 110100
Uchwatul Chasanah 110101
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PATI
(STAIP)
JURUSAN TARBIYAH
2011
KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
A. PENDAHULUAN
Media pembelajaran merupakan komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan terampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan karakteristiknya. Dari sinilah kemudian timbul usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media, yang mengarah pada pembuatan taksonomi media pendidikan/pembelajaran.
Berdasarkan pemahaman atas klasifikasi media pembelajaran akan mempermudah para guru atau praktisi lainnya dalam melakukan pemilihan media yang tepat pada waktu merencanakan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Pemilihan media yang disesuaikan dengan tujuan, materi, serta kemampuan dan karakteristik belajar, akan sangat menunjang efisiensi da efektifitas proses dan hasil pembelajaran.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari pendahuluan diatas, kami membuat permasalahan :
1. Apa saja klasifikasi media pembelajaran menurut para ahli?
2. Apa saja karakteristik media pembelajaran berdasarkan klasifikasinya, kelebihan serta kekurangannya?
C. PEMBAHASAN
1. Media pembelajaran diklasifikasi menurut para ahli
Tujuan pemakaian dan karakteristik jenis media. Terdapat lima model klasifikasi, yaitu :
a. Menurut Wilbur Schramm, media digolongkan menjadi media rumit, mahal, dan media sederhana. Schramm juga mengelompokkan media menurut kemampuan daya liputan, yaitu: (1) liputan luas dan serentak, seperti TV, radio, dan facsimile; (2) liputan terbatas pada ruangan, seperti film, video, slide, poster audio tape; (3) media untuk belajar individual, seperti buku, modul, program belajar dengan computer dan telepon.
b. Menurut Gagne, media diklasifikasi menjadi tujuh kelompok, yaitu benda untuk didemonsrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar bergerak, film bersuara, dan mesin bajat. Ketujuh media pembelajaran tersebut dikaitkan dengan kemampuannya memenuhi fungsi menurut herarki belajar yang dikembangkan, yaitu pelontar stimulus belajar, penarik minat belajar, contoh perilaku belajar, memberi kondisi eksternal, menuntun cara berfikir, memasukkan alih ilmu, menilai prestasi, dan memberi umpan balik.
c. Menurut Allen, terdapat Sembilan kelompok media, yaitu visual diam, film, televise, obyek 3 D, rekaman, pelajaran berprogram, demonstrasi, buku teks cetak, dan sajian lisan. Disamping mengklasifikasikan, Allen juga mengaitkan antara jenis media pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Allen melihat bahwa, media tertentu memiliki kelebihan untuk tujuan belajar tertentu tetapi lemah untuk tujuan belajar yang lain. Allen mengungkapkan enam tujuan belajar, antara lain: info factual, pengenalan visual, prinsip dan konsep, prosedur, ketrampilan, dan sikap. Setiap jenis media tersebut memiliki perbedaan kemampuan untuk mencapai tujuan belajar.
d. Menurut Gerlach dan Ely media dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri fisiknya atas kedelapan kelompok yaitu benda sebenarnya, presentasi verbal, presentasi grafis, gambar diam, gambar bergerak, rekaman suara, pengajaran terprogram, dan simulasi.
e. Menurut Ibrahim media dikelompokkan berdasarkan ukuran serta komplek, tidaknya alat dan perlengkapannya atas lima kelompok, yaitu media tanpa proyeksi 2 D, media tanpa proyeksi 3 D, media audio, media proyeksi televise, video dan komputer.[1]
2. Karakteristik media pembelajaran berdasarkan klasifikasinya, kelebihan serta kekurangannya
- Kelompok Media
1. Kelompok Kesatu
a. Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan, penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol atau gambar. Yang termasuk media grafis antara lain grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan flannel, bulletin board.
- Kelemahan media grafis
1. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
2. Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa
3. Pembuatannya mudah dan harganya murah
- Kelemahan media grafis
1. Membutuhkan ketrampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks
2. Penyajian pesan hanya berupa unsur visual
b. Media Bahan Cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan atau printing, media ini menyajikan pesan melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Jenis-jenis media ini antara lain buku teks, modul, bahan pengajaran terprogram.
- Kelebihan media bahan cetak
1. Dapat menyajikan informasi atau pesan dalam jumlah banyak
2. Dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat dan kecapatan masing-masing
3. Dapat dipelajari kapan saja dan dimana saja
4. Perbaikan atau revisi mudah dilakukan
- Kelemahan media bahan cetak
1. Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Bahan cetak yang tebal, bisa membosankan dan mematikan minat baca siswa
3. Apabila bahannya jelek, akan mudah rusak dan sobek
c. Media gambar diam, adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media ini adalah foto.
- Kelebihan media gambar diam
1. Dibanding dengan grafis, media foto lebih nyata
2. Dapat menunjukkan perbandingan yang tepat dari obyek yang sebenarnya
3. Pembuatannya mudah dan harganya murah
- Kelemahan media gambar diam
1. Biasanya ukurannya terbatas, sehingga kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar
2. Perbandingan yang kurang tepat dari suatu obyek, akan menimbulkan kesalahan persepsi
2. Kelompok Kedua
a. Media media proyeksi diam, adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksikan tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan. Jenis media ini diantaranya OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan film strip.
- Kelebihan media proyeksi diam
1. Dapat digunakan untuk menyaksikan pesan disemua ukuran ruangan kelas
2. Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkret
3. Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara
- Kelemahan media proyeksi diam
1. Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiaannya
2. Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya
3. Kelompok Ketiga
a. Media Audio adalah media yang menyampaikan pesannya hanya dapat diterima oleh media pendengar. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan kedalam lambing-lambang audiktif yang berupa kata-kata, music, dan sound effect. Jenis media ini antara lain diantaranya media audio, dan media alat perekam pita magnetif.
- Kelebihan media audio
1. Memiliki variasi program yang cukup banyak
2. Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa
3. Sangat efektif untuk pembejaran bahasa
4. Penggandaan programnya sangat mudah
- Kelemahan media audio
1. Sifat komunikasinya hanya satu arah
2. Daya jangkauannya terbatas
4. Kelompok Keempat
a. Media Audio Visual Diam, adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indra penglihatan dan pendengaran, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak. Jenis media ini antara lain media sound slide, film strip bersuara, dan halaman bersuara. Kelebihan dan kelemahan media ini tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaannya adalah adanya aspek suara, pada media audio visual diam.
5. Kelompok Kelima
a. Film (Motion Pictures), disebut juga gambar hidup yaitu serangkaian gambar yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audio visual bergerak karena film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya.
- Kelebihan media film
1. Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa
2. Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
3. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
4. Memberikan kesan yang mendalam yang dapat mempengaruhi sifat siswa
- Kelemahan media film
1. Harga produksinya cukup mahal
2. Pembuatannya mmbutuhkan banyak waktu dan tenaga
3. Memerlukan operator khusus
6. Kelompok Keenam
a. Televisi adalah media yang dapat menampilkan pesan secara audio visual dan gerak.
- Kelebihan media televisi
1. Informasi yang disampaikan lebih aktual
2. Jangkauan penyebarannya sangat luas
3. Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
4. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
- Kelemahan media televisi
1. Programnya tidak dapat diulang sesuai kebutuhan
2. Sifat komunikasinya hanya satu arah
7. Kelompok Ketujuh
a. Multi Media merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket.
- Kelebihan multi media
1. Siswa memiliki pengalaman yang beragam dari segala media
2. Dapat menghilangkan kebosanan karena media yang digunakan sangat berfariasi
- Kelemahan multi media
1. Biaya cukup mahal
D. KESIMPULAN
1. a. Menurut Wilbur Schramm, media digolongkan menjadi media rumit,
mahal, dan media sederhana.
b. Menurut Gagne, media diklasifikasi menjadi tujuh kelompok, yaitu benda untuk didemonsrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar bergerak, film bersuara, dan mesin bajat.
c. Menurut Allen, terdapat Sembilan kelompok media, yaitu visual diam, film, televise, obyek 3 D, rekaman, pelajaran berprogram, demonstrasi, buku teks cetak, dan sajian lisan.
d. Menurut Gerlach dan Ely media dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri fisiknya.
e. Menurut Ibrahim media dikelompokkan berdasarkan ukuran serta komplek, tidaknya alat dan perlengkapannya.
2. a. Kelompok Kesatu; media grafis, bahan cetak dan gambar diam,
b. Kelompok kedua; media proyeksi diam
c. Kelompok ketiga; media audio
d. Kelompok keempat; media audio visual
e. Kelompok kelima; film
f. Kelompok keenam; televisi
g. Kelompok ketujuh; multi media
DAFTAR KEPUSTAKAAN
http://adeninfo.blogspot.com/2010/07/klasifikasi-dari-media-pembelajaran.html diakses Kamis, 14 April 2011 jam 09.50 WIB
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2125035-klasifikasi-media-pembelajaran.html diakses Kamis, 14 April 2011 jam 09.57 WIB
Susilana, Rudi., & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prim
No comments:
Post a Comment