kolom iklan

Wednesday 30 May 2012

Rangkuman PAIKEM (bagian 4)

Bagian Keempat
APLIKASI PRAKTIS STRATEGI PAIKEM
DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Belajar adalah proses bagi peserta didik dalam membangun gagasan atau pemahaman sendiri. Maka pembelajaran haruslah member kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan pembelahjaran dengan mdah, lancer dan termotivasi. Maka guru harus melibatkan peserta didik secara aktif. Selain itu guru sebagai ujung tombak pembelajaran maka perlu memperhatikan prinsip-prinsip dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu:
a)      Keseimbangan antara reward dan punishment
b)      Kebermaknaan
c)       Pengusaan ketrampilan pra syarat
d)      Penggunaan model
e)      Komunikasi yang bersifat terbuka
f)       Pemberian tugas yang menantang
g)      Latihan yang tepat
h)      Penilaian tugas
i)        Penciptaan kondisi yang menyenangkan
j)        Keragaman pendekatan
k)      Mengmbangkan beragam keampuan
Pembelajan aktif hanya bisa terjadi apabila terdapat partisipasi aktif dari peserta didik. Dan dibawah ini adalah macam-macam model dan strategi pembelajaran aktif PAIKEM sebagai alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk dapat mengaktifkan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok.
1)      Everyone Is A Teacher (setiap murid sebagai guru)
2)      Writing In The Here And Now (menulis pengalaman secara langsung)
3)      Reading Aloud (stategi membaca dengan keras)
4)      The Power Of Two & Four (menggabung dua dan empat kekuatan)
5)      Information Search (mencari informasi)
6)      Point-Counterpoint (beradu pandangan sesuai perspektif)
7)      Reading Guide ( bacaan barbimbing)
8)      Active Debate (debat aktif)
9)      Index Card Match (mencari jodoh kartu tanya jawab)
10)   Jigsaw Learning (belajar melalui tukar delegasi antar kelompok)
11)   Role Play (bermain peran)
12)   Debat Berantai
13)   Listening Team (tim pendengar)
14)   Team Quiz (pertanyaan kelompok)
15)   Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil)
16)   Card Sort (menyortir kartu)
17)   Gallery Walk (pemeran berjalan)
18)   Musykilat Al-Thullab (problematika murid)-untuk bahasa arab
19)   Istintajiyah (pengambilan kesimpulan)-untuk bahasa arab
20)   Muqaronat Al-Nash (perbandingan teks)-untuk bahasa arab
21)   Tahlil Al-Akhta’ (analisis kesalahan)-untuk bahasa arab
22)   Ikhtiyar Al-Jumal (memilih kalimat sempurna)
23)   Ta’birussurah (mendeskripsikan gambar)
24)   Ceramah Plus (memaksimalkan metode ceramah)

No comments:

Post a Comment