Bagian Keempat
APLIKASI PRAKTIS STRATEGI PAIKEM
DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Belajar adalah proses bagi
peserta didik dalam membangun gagasan atau pemahaman sendiri. Maka pembelajaran
haruslah member kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan pembelahjaran
dengan mdah, lancer dan termotivasi. Maka guru harus melibatkan peserta didik
secara aktif. Selain itu guru sebagai ujung tombak pembelajaran maka perlu
memperhatikan prinsip-prinsip dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi
siswa, yaitu:
a) Keseimbangan antara reward dan punishment
b) Kebermaknaan
c) Pengusaan ketrampilan pra syarat
d) Penggunaan model
e) Komunikasi yang bersifat terbuka
f) Pemberian tugas yang menantang
g) Latihan yang tepat
h) Penilaian tugas
i)
Penciptaan kondisi yang
menyenangkan
j)
Keragaman pendekatan
k) Mengmbangkan beragam keampuan
Pembelajan aktif hanya bisa terjadi
apabila terdapat partisipasi aktif dari peserta didik. Dan dibawah ini adalah
macam-macam model dan strategi pembelajaran aktif PAIKEM sebagai alternative yang
dapat digunakan oleh guru untuk dapat mengaktifkan peserta didik, baik secara
individu maupun kelompok.
1) Everyone Is A Teacher (setiap murid sebagai guru)
2) Writing In The Here And Now (menulis pengalaman secara
langsung)
3) Reading Aloud (stategi membaca dengan keras)
4) The Power Of Two & Four (menggabung dua dan empat
kekuatan)
5) Information Search (mencari informasi)
6) Point-Counterpoint (beradu pandangan sesuai perspektif)
7) Reading Guide ( bacaan barbimbing)
8) Active Debate (debat aktif)
9) Index Card Match (mencari jodoh kartu tanya jawab)
10) Jigsaw Learning (belajar melalui tukar delegasi antar
kelompok)
11) Role Play (bermain peran)
12) Debat Berantai
13) Listening Team (tim pendengar)
14) Team Quiz (pertanyaan kelompok)
15) Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil)
16) Card Sort (menyortir kartu)
17) Gallery Walk (pemeran berjalan)
18) Musykilat Al-Thullab (problematika murid)-untuk bahasa
arab
19) Istintajiyah (pengambilan kesimpulan)-untuk bahasa arab
20) Muqaronat Al-Nash (perbandingan teks)-untuk bahasa arab
21) Tahlil Al-Akhta’ (analisis kesalahan)-untuk bahasa arab
22) Ikhtiyar Al-Jumal (memilih kalimat sempurna)
23) Ta’birussurah (mendeskripsikan gambar)
24) Ceramah Plus (memaksimalkan metode ceramah)
No comments:
Post a Comment